Tips Amankan Smartphone Android

Tips Amankan Smartphone Android  – Semakin meningkatnya teknologi keamanan pada smartphone Android, nyatanya tak membuat para hacker jera. Data-data penting seperti alamat rumah, email, bahkan kartu kredit masih sering disalahgunkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Sebenarnya hal ini terjadi karena pengguna Android yang kurang menjaga keamanan pada smartphone yang dimiliki. Sehingga para hacker jahat dengan sangat mudah mengambil data-data rahasia. Lalu bagaimana cara mengamankan smartphone Android Anda? Berikut adalah tipsnya.

Aktifkan enkripsi smartphone

Enkripsi adalah sebuah proses pengkodean data sehingga tidak mudah dibaca dan diketahui oleh manusia. Kode dibuat sangat acak. Jika Anda mengaktifkan enkripsi smartphone Android, data-data baru akan otomatis langsung diamankan oleh pengekripsian tersebut. Hingga saat ini Android memiliki dua jenis metode pengenkripsian data, antara lain:

Full disk encryption (Android 5. 0 ke atas)

Enkripsi full-disk hanya menggunakan kunci tunggal dan dilindungi dengan kata sandi dari pengguna smartphone Android tersebut. Metode ini akan melindungi seluruh partisi smartphone Anda. Jadi setelah boot awal, Anda harus memberikan izin agar dapat mengakses setiap data pada perangkat Anda.

Namun, ketika Anda me-reboot smartphone, data Anda tidak dapat diakses sebelum Anda melewati izin keamanan dahulu. Mungkin terlihat rumit, namun metode ini membuat ponsel Anda semakin aman

File-based encryption (Android 7.0)

Kabar baik bagi Anda yang sudah menggunakan Android 7.0 Nougat, karena proses pengenkripsian menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Pada OS Android Nougat Anda dapat mengenkripsi hanya pada file-file tertentu saja. Sehingga Anda dapat mengenkripsi setiap file dengan kata sandi yang berbeda-beda. Metode ini jauh lebih aman.

Gunakan Aplikasi Singnal Private Mesengger

Kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan aplikasi Signal Private Messenger. Selain memiliki banyak fitur dan mudah untuk digunakan, Aplikasi ini memiliki tingkat perlindungan yang luar biasa. Karena Signal Private Messenger membuat enkripsi end-to-end untuk menyimpan semua data-data pribadi Anda.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Proses ini sangat penting untuk Anda lakukan, apalagi jika Anda adalah tipe orang yang memiliki banyak akun sosial media seperti Gmail, Facebook, atau akun pembayaran online seperti Paypal, serta akun penyimpanan online seperti Dropbox. Jadi, otentikasi dua faktor atau verifikasi dua-langkah wajib untuk dilakukan agar identitas Anda tidak mudah dibajak.

Jangan Gunakan Aplikasi Bajakan

Beberapa aplikasi memang dijual dengan harga yang mahal. Karena itu banyak orang tak bertanggung jawab mengubah aplikasi berbayar tersebut menjadi gratis. Dan kita tahu orang Indonesia termasuk yang mudah tergiur dengan hal-hal yang berbau gratis.

Tetapi perlu diketahui, aplikasi bajakan sangat berbahaya. Karena hacker telah menyelipkan semacam kode rahasia di dalam aplikasi bajakan tersebut guna mencuri data-data penting Anda. Selain itu, aplikasi bajakan tak jarang menyebabkan smartphone terserang virus.

Tips Amankan Smartphone Android | usman fauzi | 4.5