Cara Mengatasi Smartphone Lemot

Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot – Smartphone dengan OS Android mayoritas dipakai oleh semua kalangan. Alasannya sebab oerangkat ini tersedia mulai dari harga terjangkau hingga harga selangit. Namun, seringkali pemakaian sehari – hari menjadikan kinerjanya menurun bahkan Lemot.

Apabila sudah mengalami kondisi Lemot atau lama sekali responnya ketika dioperasikan, tentu akan menimbulkan rasa jengkel bahkan rasanya ingin membantingnya. Tim redaksi Majalahgadget.net akan memberikan cara mengatasi smartphone android yang lemot, berikut tutorialnya.

  1. Periksa Kapasitas Memori

Salah satu alasan utama kenapa kinerja smartphone Android melambat adalah banyaknya aplikasi yang di Download pengguna sehingga menjadikan ruang penyimpanan menipis. Batas minimal kinerja smartphone tanpa hambatan adalah 20%. Jadi apabila smartphone Anda memiliki daya tampung 8 GB, minimal kapasitas penyimpanan yang tersedia adalah 1 GB memori yang tidak digunakan.

Namun apabila ternyata smartphone Anda sudah hampir tidak memiliki kapasita penyimpanan, maka ada bebarapa cara untuk mengatasinya :

  • Uninstall aplikasi yang tidak gunakan tidak terpakai.
  • Rapikan file yan berukuran besar, seperti foto, music, atau video. Atau Anda bisa memback up file tersebut ke penyimpanan cloud misanya Asus Webstorage atau dropbox atau bisa ke notebook Anda.
  • Bersihkan cache dan hapus junk file dengan cara masuk ke pengaturan.
  • Kami tidak menyarankan Anda untuk memasang aplikasi dengan tujuan untuk membersihkan junk file atau cache. Alasannya aplikasi tersebut akan memenuhi memori penyimpanan, memakan Ram dan membuat kinerja smartphone menjadi lambat.
  1. Widget yang berlebihan

Salah satu penyebab yang lain yang mejadikan kinerja smartphone menjadi lamnat adalah pengguna cenderung memilih memasan widget berlebihan dengan alasan untuk mempercepat akses ke aplikasi yang dituju. Tetapi apabila tersedia lebih dar 3 widget di menu utama, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kinerja smartphone. Jika Anda menggunakan banyak widget, pilihlah widget yang paling bermanfaat.

  1. Menggunakan Launcher

Tujuan utama penggunaan launcher adalah untuk mempercantik perangkat sesuai dengan keinginan pengguna. sayangnya launcher ini justru dapat menyebabkan menurunkan kinerja sebuah smartphone. Hal tersebut disebabkan karean atidak sesuai dengan animation setting yang terdapat di launcher yang digunakan sehingga memakan banyak Ram dan kapasitas memori smartphone.

Kami menyarankan untuk tetap setia menggunakan tampilan dan setting dasar dari smartphone yang Anda miliki. Selain tidak akan boros baterai, kinerja smartphone juga akan tetap normal dan stabil meskipun sudah lama digunakan.

  1. Kapasitas RAM

Perlu diperhatikan secara khusus, setiap menginstal aplikasi, coba perikas setting untuk mengetahui kapasitas memori, baik untuk memori interna atau justru malah menipiskan kapasitas Ram. Perlu diingat bahwa kapasitas Ram juga sangat mempengaruhi kinerja smartphone, semakin tinggi Ram semakin aman smartphone Anda dari Lemot.

Terlebih bagi Anda pencandu game berat melalu smartphone, lebih baik pilih smarphone yang memiliki kapasitas Ram diatas 1.5 GB. Anda juga dapat menambahkan kapasitas memori internal dan memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal.

  1. Sering – seringlah Merestart Smartphone

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Kinerja smartphone dapat kembali normal. Kami menyarankan Anda sering seringlah merestart smartphone, paling tidak minimal 2 hari sekali. Sebab hal tersebut sangan berguna untuk menstabikan kinerja smartphone.

Namun apabila cara diatas telah Anda pratikkan, namun kondisi smartphone Anda masih tetap melambat atau malah melambat, maka pertimbangkan Anda memiliki smartphone yang sudah memiliki OS Android paling tidak sudah Kitkat v4.4 atau lollipop 5.0.

Source : id.techinasia.com

 

Cara Mengatasi Smartphone Lemot | usman fauzi | 4.5